Klien Adalah Raja - Apa yang bisa Anda Lakukan?

Jika di restoran sering tertera "tamu adalah raja", dunia bisnis mengenal istilah "klien adalah raja". Pernyataan ini mungkin terdengar berlebihan. Namun, banyak perusahaan yang begitu bergantung pada klien. Contohnya yaitu perusahaan media yang membutuhkan klien atau pengiklan.


Menjaga hubungan baik dengan klien bukanlah hal yang mudah. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.
Pertama, tanyakan apa yang mereka inginkan. Terkadang klien tak akan mengungkapkan apa yang mereka mau secara eksplisit. Jika situasinya seperti ini, Anda bisa mendatangi klien langsung. Setelah itu, Anda bisa bertanya kepada mereka. Misalnya, apa yang klien inginkan atau apa harapan klien dari kerja sama yang berlangsung selama ini.

Hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mendengarkan mereka. Setiap pernyataan yang terlontar dari klien bisa menjadi masukan yang berharga. Misalnya, jika klien memuji, artinya perusahaan Anda memiliki keunggulan di mata mereka. Jadikan keunggulan ini sebagai fondasi untuk inovasi.

Namun, jika klien memberikan kritik, jadikan masukan tersebut sebagi fondasi untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Kritik yang datang dari klien sebaiknya tak sekedar ditampung. Jika perusahaan Anda bisa mengubah kritik tersebut menjadi inovasi, klien tentu akan senang.

Ketiga, hormati kredibilitas pesaing Anda. Dalam dunia kerja, Anda akan selalu menghadapi persaingan. Bahkan, mungkin Anda akan berhadapan dengan pesaing yang cukup berat. Pesaing seperti ini biasanya membuat klien lama Anda menjadi berpaling. Apalagi jika sang pesaing menawarkan solusi yang tak Anda miliki.

Untuk mengantisipasi hilangnya klien karena pesaing, Anda bisa mendalami keunggulan serta kekurangan produk-produk dri pesaing. Pelajari apa saja yang tak dimiliki pesaing karena hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa ikut serta dalam forum di internet yang berkaitan dengan industri dan produk. Pelajari setiap postingan yang ada. Jika postingan tersebut positif, manfaatkan hal tersebut agar menjadi ide baru bagi perusahaan.

Keempat, buat perencanaan dengan klien. Klien yang selalu bekerja sama dengan perusahaan Anda setiap tahun tak mencerminkan tingkat loyalitas mereka. Untuk memperkuat loyalitas klien, Anda perlu mengadakan pertemuan dengan mereka secara berkala. Pastikan pertemuan yang diadakan memberikan konsultasi sekaligus solusi untuk klien.



Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Lirik lagu Diana - Koes Plus