Bocah 10 Tahun Menemukan Fosil Ikan Purba



Rasa ingin tahu adalah kunci ilmu pengetahuan. Itulah yang terjadi pada seorang bocah berusia 10 tahun yang berhasil menemukan sebuah fosil.

Anak lelaki tersebut sedang menjelajah kompleks biara La Candelaria di Kolombia ketika ia melihat sesuatu yang tak biasa di jalan setapak dari batu yang diinjaknya. Penasaran, ia memotret bentuk unik di batu tersebut, lalu membawa foto itu ke Paleontological Research Center.

Temuan itu lantas diteliti lebih lanjut bersama tim ilmuwan di University of Alberta, dan hasilnya sungguh mencengangkan: bocah itu telah menemukan sebuah fosil ikan purba yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya di Benua Amerika.

Menurut analisis yang dimuat dalam Journal of Systematic Palaentology, spesies ikan itu diberi nama Candelarihynchus padillai, yang merupakan gabungan nama biara tempat ia ditemukan dan bahasa Yunani untuk "hidung".

Lihat saja ilustrasi rekaan spesies ini. Tubuh langsing sepanjang 40 cm didominasi rahang panjang yang membuatnya mirip kadal. Diduga ikan ini hidup di perairan arus deras di Amerika Selatan pada periode Cretaceous, 90 juta tahun lalu.

Tak ada ikan modern yang menyerupai ikan purba ini. Para ahli menduga ia sanggup bermigrasi jauh dan melahap organisme seperti krustasea, larva, dan moluska.

Penemuan sang bocah telah menambah wawasan tentang bagaimana ikan-ikan zaman dahulu berpencar di lautan, dan memberi petunjuk tentang bagaimana ikan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Sayangnya, tim ilmuwan tidak berhasil menemukan si bocah penemu fosil. Mereka hanya mengetahui nama dan email anak itu, dan mereka berharap dapat bertemu langsung dengan si penemu cilik, agar ia juga menginspirasi anak-anak lain untuk mengasah rasa ingin tahu.



Apa itu fosil?

Fosil dapat berumur 10.000 tahun, atau 3,5 miliar tahun. Fosil dapat sebesar Seismosaurus, atau sekecil amoeba. Fosil bisa berupa mamut beku Siberia yang ditemukan lengkap dengan rambut, atau hanya berupa jejak. Fosil dapat berisi material dari organisme aslinya, atau tidak sama sekali. Jadi apa itu fosil?

Fosil adalah sisa-sisa atau bukti kehidupan dari waktu geologi sebelumnya/purba. Pada umumnya semua fosil memberi kita petunjuk tentang dunia lampau. Berkat fosil, kita tahu bahwa berbagai bentuk kehidupan telah menduduki planet ini. Fosil menceritakan kita bahwa kehidupan telah berkembang dari waktu ke waktu. Fosil telah berkontribusi dalam penyusunan skala waktu geologi.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata