Mudah Marah Karena Gula Darah Rendah

Mudah marah dengan orang lain atau karena hal-hal kecil? Mungkin Anda menderita gula darah rendah. Berdasarkan penelitian, gula darah rendah atau hipoglikemia membuat seseorang mudah marah dan tidak berenergi.

"Ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rendahnya tingkat gula darah mempengaruhi orang untuk marah," ujar Profesor David Benton, seorang psikolog dari Swansea University seperti dikutip dari dailymail.co.ik. 

Penelitian di Amerika Serikat tahun ini juga menunjukkan bahwa gula darah rendah membuat seseorang menjadi agresif. Faktor yang membuat seseorang menjadi lebih agresif hingga saat ini masih diteliti lebih lanjut.

Profesor kimia biologi di Imperial College London Jeremy Nicholson mengatakan, kemungkinan seseorang menjadi agresif karena rendahnya kadar glukosa di otak. Menurut dia, fungsi otak tidak bisa berjalan dengan baik jika kebutuhan glukosa rendah.

Berdasarkan penelitian, gula darah rendah sering kali mengakibatkan perpecahan dalam rumah tangga. Hal ini terjadi jika salah satu pasangan menderita hipoglikemia sehingga sering marah-marah.

Sementara itu, .apa yang menyebabkan gila darah rendah? Banyak yang mengatakan bahwa gula darah rendah terjadi karena kurang makan. Namun, berdasarkan penelitian ini, gula darah rendah juga bisa disebabkan oleh kombinasi makanan yang salah. Misalnya, kombinasi minuman beralkohol dengan makanan manis seperti cokelat yang dikonsumsi bersamaan.

Benton mengatakan, alkohol dapat membuat kadar gula darah rendah. Namun, sensitifitas terhadap kadar gula darah rendah itu tergantung pada fisiologi tubuh manusia.

Hipoglikemia juga dapat terjadi jika orang-orang penderita diabetes tipe1 terlalu banyak menyuntikkan insulin ke dalam tubuh.

Gejala seseorang yang menderita hipoglikemia dia antaranya berkeringat, kelelahan, penglihatan kabur, kebingungan, kejang, dan bisa membuat seseorang tak sadarkan diri. Bahkan dalam tingkatan yang cukup parah bisa membuat seseorang koma.

Menurut Nicholson, siapa pun yang tidak makan selama lebih dari delapan jam berisiko hipoglikemia. Untuk itu, jangan lupa makan atau rutin makan dan minum pada pagi, siang, dan malam.

"Buah dan sayur merupakan solusi jangka panjang yang lebih baik untuk menjaga kadar gula," kata Nicholson.

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Demam Doodle Art Mendorong Mereka Menghasilkan Karya

Saat Seperti Ini Sebaiknya Tidak Memakai Sendal Jepit

Manfaat Jalan Kaki untuk Lansia

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata