Baca Buku Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Susah tidur setelah seharian beraktivitas? Konon salah satu cara lama seperti membaca buku masih bisa diandalkan untuk mengatasi hal ini. Sebab membaca buku dipercaya dapat menyebabkan kantuk. namun pastikan dulu jika buku yang Anda baca adalah buku yang sebenarnya, bukan E-book ya.

Tampaknya masih banyak orang yang percaya dengan manfaat membaca buku menjelang tidur ini. Sayangnya seiring dengan perkembangan teknologi, mereka jadi enggan membaca buku betulan, melainkan lebih memilih membaca electronic book atau biasa disebut e-book, salah satunya karena lebih praktis.

Padahal e-book hanya dapat dibaca lewat gadget seperti iPad atau tablet. Dan peneliti mengatakan membaca atau membuka-buka tablet maupun ponsel pintar menjelang tidur justru akan membuat seseorang tetap terjaga.

"Sebab pancaran warna biru dari layar perangkat elektronik akan merusak ritme alami tubuh yang sering kita sebut dengan ritme kikardian atau jam biologis tubuh. Jam biologis inilah yang akan mensinkronkan seluruh fungsi tubuh kita dalam 24 jam," terang Dr Anne-Marie Chang.

Sayangnya, lanjut Dr Chang, jam biologis tubuh ini mudah dirusak oleh pancaran cahaya warna biru yang biasa ditemukan di ponsel pintar, tablet atau lampu LED.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh tim peneliti gabungan dari Harvard Medical School dan Penn State University dengan mengamati 12 partisipan yang 'dikurung' dalam sebuah lab selama dua minggu. Lima hari pertama mereka diminta membaca e-book empat jam sebelum tidur, kemudian lima hari berikutnya percobaan diulangi, namun masing-masing partisipan diminta membaca buku betulan.

"Akibatnya mereka yang sering membaca e-book tak begitu mengantuk di malam hari dan butuh waktu lebih lama agar bisa tertidur lelap, tepatnya 10 menit lebih lama daripada yang baca buku. Ketika bangun di pagi hari pun, mereka tampak lebih lelah," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (27/12/2014)

Dari pemeriksaan sampel darah juga ketahuan bahwa produksi hormon melatonin atau hormon tidur mereka berkurang drastis hanya karena membaca e-book. "Padahal kurang tidur dan turunnya produksi melatonin dalam tubuh telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko sakit jantung maupun gangguan metabolisme seperti obesitas dan diabetes, bahkan kanker," timpal ketua tim peneliti, Prof Charles Czeister.

Namun hal berbeda diungkapkan pakar kesehatan tidur, Dr Andreas Prasadja, MD, RPSGT. Menurutnya, salah satu penyebab utama imsomnia adalah kebiasaan melakukan sesuatu di tempat tidur, semisal menaruh koleksi buku di kamar. Sebab ini mendorong seseorang untuk membaca di saat ia seharusnya memfokuskan diri untuk tertidur. Ini jugBaca a berlaku untuk kegiatan lainnya yang dapat mendistraksi perhatian.

"Jadi harusnya dipisahkan antara ruang kerja dengan ruang kamar. Ruang kamar khusus hanya untuk tidur," tutup dr Andreas.

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata

Lirik lagu Diana - Koes Plus