Menumbuhkan Rambut Dengan Sel Darah Putih

Bukan hanya berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan luka, sel darah putih ternyata juga dapat membantu mengatasi kebotakan.

Seorang peneliti secara tidak sengaja menemukan cara menumbuhkan rambut dengan sel darah putih. Penemuan ini diharapkan dapat menjadi harapan baru bagi orang yang kerap merasa tidak percaya diri dengan rambut yang sulit tumbuh.

Dr. Mirna Perez-Moreno yang merupakan ahli kanker ini pertama kali menemukan saat sedang menguji obat anti-inflamasi pada tikus, dan betapa terkejutnya ia saat menemukan bulu ekstra yang tumbuh pada tikus. Peneliti di Spanyol National Cancer Research Madrid itu akhirnya menyelidiki penyebab fenomena tersebut.

Miranda menemukan pemicunya adalah makrofag yang berasal dari sel-sel darah putih yang disebut monosit dan diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membersihkan jaringan mati. Makrofag diaktifkan sel induk terdekat yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Ini berarti folikel dapat didorong untuk tumbuh tanpa membutuhkan transplantasi rambut.

"Makrofag ternyat berperan penting dalam lingkungan sekitar sel induk. Ia juga penting dalam proses pertumbuhan rambut, melebihi dari fungsinya yang selama ini kita kenal dalam sel imun," katanya.

Meskipun studi ini dilakukan pada tikus, peneliti percaya ini akan membuka pintu pengembangan pengobatan baru untuk pertumbuhan rambut pada manusia.

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Demam Doodle Art Mendorong Mereka Menghasilkan Karya

Saat Seperti Ini Sebaiknya Tidak Memakai Sendal Jepit

Manfaat Jalan Kaki untuk Lansia

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata