Camilan apa yang Aman Disantap Menjelang Tidur?



Makan sesuatu sebelum tidur memang tidak dilarang, namun Anda mesti berhati-hati karena ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Ketika tidur, metabolisme tubuh akan melambat. Tubuh harus fokus untuk beristirahat, bukan mencerna makanan.

Namun, kita juga tahu pergi tidur saat lapar sangat sulit. Apa ya camilan yang aman disantap menjelang waktu tidur?

Isabel Maples, juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietics, menyarankan agar kita memilih untuk menyantap camilan kaya nutrisi jika tak tahan lapar di malam hari. Terutama, nutrisi yang belum Anda konsumsi saat makan utama.

"Pilihlah buah-buahan atau sayur, produk susu rendah lemak, whole grains atau kacang-kacangan," saran Maples. "Dan batasi jumlah kalorinya, maksimal adalah 300 kalori."

Penting diingat bahwa mengemil memiliki kontribusi dalam penambahan berat badan, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa nyaris seperempat kalori yang kita makan berasal dari camilan.

Ini sejumlah saran camilan sehat dari para ahli nutrisi: yogurt tawar yang diberi potongan buah, bubur oat atau sereal yang dibuat menggunakan susu skim, biskuit  whole grains (boleh dimakan bersama keju rendah lemak), kacang almond, atau batang seledri yang dilumuri selai kacang.

Intinya, kata Maples, kombinasi karbohidrat dan protein - meski dalam porsi kecil - bisa memberi rasa kenyang. Atau, jika Anda sering kepingin sesuatu yang lebih ringan, tapi asin dan garing, pilihlah popcorn.

Kenapa kita suka lapar di malam hari? Menurut Susan B. Roberts, profesor di USDA Nutrition Center, Tufts University, kesibukan membuat banyak orang makan terlalu sedikit di siang hari. Begitu pula saat makan malam, ketika kita sudah terlalu lelah bekerja seharian untuk memasak.

Bagi sebagian orang lain, lanjut Roberts, ngemil sebelum tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan buruk. Karena itu tanyakan diri Anda sendiri: apakah Anda benar-benar lapar? Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar.

Cobalah minum segelas susu rendah lemak - panas maupun dingin, teh tanpa kafein, atau air putih. "Minum air jelas merupakan asupan paling tidak berbahaya untuk dikonsumsi sebelum tidur," tandas Barry Popkin, profesor di UNC Gillings School of Global Public Health.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata