Membatasi Perangkat Elektronik Pada Anak

Berapa anak Anda menonton TV atau menatap layar komputer dalam sehari? Sebaiknya jangan terlalu lama, karena hal tersebut bisa mempengaruhi kemampuan empati mereka.

Menurut studi para ilmuwan University of California yang diterbitkan di jurnal Computers in Human Behavior, terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar elektronik membuat anak kurang menjalani interaksi sosial. Akibatnya, kemampuan anak untuk memahami emosi orang lain berkurang.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan meneliti 105 anak sekolah di California. Separuh anak-anak tersebut diajak mengikuti aktivitas di alam terbuka di Pali Institute, California, dimana mereka tidak boleh membawa ponsel, menonton TV, atau memakai komputer.

Sementara itu, separuh anak lagi tetap bersekolah dan tidak mendapat pembatasan dalam pemakaian alt elektronik. Umumnya, menghabiskan 4,5 jam di depan layar per hari.

Setelah lima hari, para peneliti menunjukkan sejumlah foto orang dengan beragam ekspresi dan meminta anak-anak menyebutkan emosi yang ditampilkan di setiap foto. Anak juga diminta menonton video pendek dimana pemerannya menunjukkan berbagai ekspresi, seperti percaya diri atau takut, dan diminta menggambarkan emosi yang mereka lihat.

Ternyata, anak-anak yang menghabiskan waktu di alam dan tidak menggunakan alat elektronik memiliki nilai lebih tinggi dalam penilaian terhadap emosi orang lain. Hal serupa tidak ditemukan pada anak yang tetap menggunakan alat elektronik.

Menurut Jim Taylor, profesor psikologi di University of San Fransisco yang tidak terlibat penelitian ini, semakin lama anak berada di depan layar elektronik,  semakin sedikit waktu yang ia miliki untuk berinteraksi dengan orang lain. Padahal, keahlian emosional berkembang lewat interaksi langsung.

Studi lain yang baru-baru ini dilakukan di Jepang juga menegaskan bahwa anak yang menghabiskan lebih dari empat jam sehari memakai ponsel memiliki nilai ujian yang jauh lebih rendah dari mereka yang hanya memaki ponsel selama 30 menit sehari.

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata