15 Jenis Makanan ini dapat Memperpanjang Usia Anda


Susannah Mushatt Jones, orang tertua di dunia yang mencapai usia 116 tahun menikmati makanan hangat dari daging, telur dan bubur jagung untuk sarapannya. Apakah itu rahasia umurnya yang panjang dan tetap sehat?

Ada beberapa makanan yang jika dimakan cukup rutin dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa antioksidan, dapat memerangi penyakit yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Berikut adalah makanan yang dipercaya dapat memperpanjang umur Anda.

1. Dark chocolate
Dark chocolate dikemas dengan flavonoid dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan dan membantu mencegah pembekuan darah. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan berhubungan dengan penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia, sehingga makanan anti-inflamasi dapat jadi kunci untuk hidup lebih lama.

2. Brokoli
Brokoli mengandung zat pencegah kanker dari bahan kimia seperti sulforaphane. Dalam sebuah penelitian, pemakan brokoli bisa hidup lebih lama daripada mereka yang diet tanpa sayuran.

3. Kacang
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan hanya segenggam kacang setiap hari dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Secara khusus, orang yang konsumsi kacang memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit seperti diabetes dan kanker.

4. Buah bit
Buah bit yang berwarna merah ini kaya akan senyawa yang disebut betaine, yang juga dikaitkan erat dengan kekuatan anti peradangan.

5. Tomat
Tomat terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Tomat sumber vitamin C dan antioksidan.

6. Berries
Stroberi, blueberry dan sejenisnya memiliki rasa yang manis dan kaya akan antioksidan yang membantu melindungi dari penuaan. Secara khusus, berries mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin yang mendukung fungsi otak dan retensi otot.

7. Minyak zaitun
Minyak ini disebut sebagai salah satu cara makan paling sehat di dunia. Lemak minyak ini penurunan kognitif dari usia Anda.

8. Salmon
Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3. Salmon mampu melindungi penurunan kognitif dan mengurangi peradangan.

9. Makanan pedas
Jika Anda suka makanan pedas, baru-baru ini China menerbitkan studi yang menemukan bahwa mereka yang makan makanan pedas cenderung hidup lebih lama. Pemakan makanan pedas berada pada risiko kematian yang lebih rendah dari kanker dan penyakit jantung.

10. Teh hijau
Mengonsumsi teh hijau setiap hari bisa melindungi jantung Anda. Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa peminum teh hijau setidaknya satu kali sehari bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke.

11. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan dasar yang paling favorit. Namun, dari sisi kesehatan, bawang putih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa membantu mengatur tekanan darah.

12. Alpukat
Buah ini sudah terbukti mampu menurunkan stres dan berpotensi memerangi beberapa jenis kanker.

13. Apel
Apel merupakan buah lain yang mengandung antioksidan. Pastikan Anda juga memakan kulit apelnya yang memiliki banyak nutrisi. Apel juga kaya akan serat yang mampu membuat sistem pencernaan tetap sehat serta mencegah penyakit jantung.

14. Asparagus
Sayuran berbatang hijau ini kaya akan glutathione, ibu dari semua antioksidan.

Ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, demensia dan kanker. Asparagus juga sumber folat yang dapat menjaga otak sehat saat tua.

15. Kimchi
Siapa sangka, makanan khas Korea ini bisa memperpanjang usia Anda. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa probiotik dalam makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Lebih baiknya lagi, kimchi mengandung bawang ptuih sehingga kimchi mengandung antioksidan yang juga tinggi.

Sebuah studi menemukan bahwa bakteri asam laktat probiotik dalam kimchi dapat membantu mencegah kanker usus besar. (Huffingtonpost)


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata