Saat Seperti Ini Sebaiknya Tidak Memakai Sendal Jepit



Sandal jepit merupakan alas kaki yang sangat familiar digunakan oleh semua orang. Alas kaki yang mempunyai beragam bentuk simpel ini memang tepat digunakan terutama pada saat - saat  santai. Jika dibandingkan dengan alas kaki yang lainnya seperti sepatu, kemudahan untuk melepas dan membukanya membuat sandal jepit menjadi pilihan pertama untuk digunakan.

Bicara mengenai sandal jepit, baru - baru ini dr Andri, SpOT, seorang staf Divisi Food and Ankle Departement Orthopaedi dan Traumatologi fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran serta dokter di RS Hasan Sadikin, menyarankan untuk tidak menggunakan sandal jepit terutama dalam waktu yang lama. Beliau mengatakan menggunakan sandal jepit apabila dalam waktu lama bisa mendatangkan keluhan pada area kaki dan sekitarnya.



Beliau menambahkan, ada baiknya jika ingin menggunakan alas kaki, anda memperhatikan situasi dan kondisi sebelum menggunakannya. Sebab demi alasan kesehatan, ada saat - saat tertentu anda tidak dianjurkan untuk memakai sandal jepit. Nah, apa saja waktu - terlarang tersebut? Daripada anda menduga - duga, inilah waktu yang tidak dianjurkan memakai sandal jepit :

1. Saat mengendarai sepeda motor
Jika anda akan mengendarai sepeda motor apalagi dengan jarak tempuh yang jauh, sangat disarankan untuk tidak menggunakan sandal jepit, lebih baik anda gunakan alas kaki yang aman untuk kaki anda, pakai sepatu misalnya. Menggunakan sandal jepit sangat minim proteksi pada kaki terhadap bahaya eksternal. Misalnya saja saat kaki mengalami benturan dengan kendaraan lain, aspal, atau benda - benda di sekitarnya. dr Andri mengatakan,"Bila kaki sudah terdapat luka sebelumnya, bahkan dapat mempermudah terjadinya infeksi, karena kaki akan terpapar kuman tanpa perlindungan."

2. Saat menyetir mobil
Seperti halnya berkendara dengan sepeda motor, saat anda menyetir mobil usahakan untuk tidak memakai alas kaki yang satu ini. Alasannya sangat simpel, menggunakan sandal jepit yang mempunyai karakterisitik longgar serta lentur akan menyulitkan anda dalam menginjak pedal kopling, rem ataupun gas.

3. Bepergian dalam waktu yang lama
Saat anda akan bepergian apalagi dalam waktu yang lama, usahakan juga untuk tidak menggunakan sandal jepit. Menggunakan sandal jepit apalagi yang mempunyai bentuk datar tidak memberikan topangan pada lengkungan kaki. Jika ini digunakan dalam waktu yang lama kemungkinan besar bisa menyebabkan nyeri pada telapak kaki, tumit bahkan sendi - sendi lain seperti lutut dan pinggul.

Bahkan yang lebih parah, leher pun dapat terasa nyeri akibat kompensasi perubahan posisi. Dr Andri mengatakan,"Apabila tetap ingin memakai sandal jepit, usahakan memakai sandal jepit yang mempunyai arc support pada bagian telapak kakinya."

4. Saat berolahraga
Menggunakan sandal jepit saat berolahraga? Oh, tidak! sebaiknya anda berpikir dua kali untuk menggunakannya. Walaupun tidak ada yang melarang, sebaiknya anda menghindari penggunaan alas kaki ini ketika akan berolahraga. Dr Andri mengatakan,"Sandal jepit tidak akan memberikan topangan pada kaki sebagaimana sepatu olahraga. Akibatnya akan mudah terjadi cedera dan nyeri pada kaki". Lebih baik gunakan sepatu jika anda akan berolahraga.

5. Saat berjalan di jalan licin
dr Andri mengatakan, "Pengguna sandal jepit akan membutuhkan usaha lebih keras dalam berjalan, karena jari - jari kaki mesti mencengkram lebih kuat, terlebih jika dijalan yang licin. Lambat laun akan dapat mengubah struktur jari - jari kaki sehingga tampak menekuk ke arah bawah, disertai nyeri pada bagian atasnya". Jadi, ketika anda menggunakan sandal jepit dan akan melalui jalan yang licin, berhati - hatilah. Lebih baik jangan dibiasakan menggunakan sandal jepit ketika berjalan di medan yang licin.

Itulah 5 waktu yang tidak dianjurkan menggunakan sandal jepit. Walaupun terasa nyaman digunakan, lebih baik anda menggunakan sepatu jika akan berpergian dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Silakan bagikan ke g+, twitter, atau facebook. 😃😴😝


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Yo Ko, Kisah Cinta The Return of The Condor Heroes

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Setelah Luka, Timbullah Keloid

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata