Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Ini lho 4 bahaya mendengarkan musik terlalu keras!


Siapa yang tidak suka mendengarkan musik dengan volume yang keras? Mendengarkan  musik favorit terutama dengan volume keras mampu membuat Anda merasa lebih baik dan bersemangat.

Namun, Anda harus berhati-hati. Sebab ada bahaya di balik  kebiasaan ini seperti dilansir dari boldsky.com berikut ini.

Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran adalah salah satu masalah kesehatan paling utama yang bisa disebabkan karena mendengarkan musik terlalu keras. Ketika volume musik yang Anda dengarkan lebih dari 90 desibel, maka gendang telinga Anda mulai terganggu. Dan jika dibiarkan, maka dalam jangka panjang akan menyebabkan menurunnya kemampuan untuk mendengar. Oleh karena itu pastikan Anda tidak menggunakan earphone atau headset terlalu lama dengan volume yang keras.

Masalah saraf

Tahukah Anda bahwa mendengarkan musik terlalu keras dapat menyebabkan saraf? Saraf telinga Anda bisa mengalami kerusakan. Dan jika kerusakan tersebut mencapai saraf otak, maka dapat memberikan dampak yang lebih luas ke seluruh tubuh Anda.

Infeksi telinga

Infeksi telinga adalah salah satu efek yang bisa Anda dapatkan dari mendengarkan musik terlalu keras. Belum lagi apabila earphone atau headset tersebut digunakan secara bergantian. Hal ini akan menyebabkan infeksi.

Penurunan konsentrasi

Ketika mendengarkan musik terlalu keras, maka tingkat konsentrasi Anda akan menurun. Anda akan mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata atau hal lain yang membutuhkan suara yang terdengar oleh Anda.

Mendengarkan musik memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Namun dengarkan dengan volume yang biasa saja agar kesehatan telinga Anda tidak terganggu.

Semoga bermanfaat.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👷👸👳👲👱👮👴👵👷

Cemplon, Lenthok, dan Cothot Makanan Untuk Cemilan di Rumah

Ts'ai Lun, Penemu Kertas

Aurelien Francis Brule ke Hutan demi Primata

Lirik lagu Diana - Koes Plus

Setelah Luka, Timbullah Keloid